Saturday 19 March 2016

BAB IV Skripsi Berjudul "“MINAT SISWA DALAM MEMPELAJARI KITAB KUNING PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYYAH AL HIKAM DESA GEGER KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2010-2011”. STAI MADIUN

BAB IV 
A.           Latar Belakang Obyek
1.    Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam  dirintis dan didirikan oleh   Yayasan Pendidikan Islam Al HIkam pada tahun 2007. Madrasah Tsanawiyyah  Al – Hikam didirikan sebagai kelanjutan Madrasah Ibtidaiyyah Al Hikam yang telah didirkan sejak 2001 sebagai basis pendidikan yang berciri khas Islam di daerah Geger. MTs Al Hikam ini berada di naungan Pondok Pesantren Al Falah yang dirintis oleh KH Ma’sum Djalil (alm) dan pada saat ini diasuh oleh KH Mahfudz Ma’sum.
Pada awalnya Kepala Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam dijabat oleh Bapak H. Ibnu Abas Tohir, SH. Selama 3 tahun. Kemudian mulai tahun 2010 sampai sekarang Kepala Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam dijabat Oleh Bapak Drs. Muhtar Hanif selaku Kepala Definitif dari Kantor Departemen Agama Kabupaten Madiun.
Dalam perkembangannya Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam pada tahun 2009 telah mendapatkan ijin operasional untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Tsanawiyyah dari Kantor Departemen Agama Kabupaten Madiun dengan diterbitkannya Keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Madiun Nomor : Kw13.44/4/PP.03.2/2537/2008.

2.    Visi, Misi Dan  Tujuan Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
a.       Visi
Terwujudnya Sumber Daya Insani yang Berkualitas Unggul Bidang IMTAQ dan IPTEK dengan Berwawasan Lingkungan Hidup.
b.      Misi
Menyelenggarakan  Pendidikan  yang  Berkualitas  Unggul, Bidang  IMTAQ  dan  IPTEK  Berwawasan  Lingkungan  Hidup,  Dengan  Upaya  Meningkatkan Peran  Serta  Masyarakat.
Untuk mewujudkan VISI MTs tersebut, maka ditentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam berikut ini:
1.      Mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan yang cerdas dan kompetitif dengan sikap dan amaliah Islam, berkeadilan, relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal dan global.
2.      Melaksanakan pembelajaran  dan bimbingan yang berkualitas
3.      Menumbuhkan budaya lingkungan MTs  yang bersih, aman, dan sehat.
4.      Meningkatkan budaya unggul warga MTs  baik dalam prestasi akademik dan nonakademik
5.      Menumbuhkan minat baca dan tulis
6.      Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan Arab
7.      Menerapkan manajemen berbasis sekolah dengan melibatkan seluruh steakholder Madrasah.

3.    Kondisi Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
a.         Letak Madrasah Tsanawiyyah Al -  Hikam
Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam terletak di Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. kurang lebih 15 km arah selatan dari Kota Madiun.
Adapun letak geografis Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun memiliki batas – batas sebagai berikut :
1)   Sebelah Utara            : Berbatasan dengan Desa Purworejo
2)   Sebelah Selatan         : Berbatasan dengan Dusun Tumpang Desa Geger
3)   Sebelah Timur           :           Berbatasan dengan Desa Sareng
4)   Sebelah Barat            :           Berbatasan dengan Desa Slambur
b.        Sarana dan Prasarana Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
Sarana dan Prasarana sudah memadai antara lain[54] :

No
Nama Jenis Barang
Jumlah
Keadaan
1
Ruang Madrasah
4
Baik
2
Ruang Komputer
1
Baik
3
Ruang Kepala Madrasah
1
Baik
4
Ruang Guru
1
Baik
5
Ruang TU
1
Baik
6
Masjid
1
Baik
7
Kamar Mandi / WC Ustadz
1
Baik
8
Kamar Mandi / WC Siswa
2
Baik
9
Ruang Serba Guna
1
Baik



4. Struktur Organisasi Madrasah Tsanawiyyah Al - Hikam
Pelindung
Pengasuh PP. AL – FALAH
KH. MAHFUDZ MA’SUM
 
Untuk membantu dan memudahkan sistem administrasi madrasah maka membuat struktur sebagai berikut[55] :
SISWA

 
 

















a.    Keadaan Dewan Guru[56]

Tabel I
Daftar Nama Guru/Pengajar
Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam

NO.
NAMA/NIP
TEMPAT, TGL.LAHIR
TUGAS MENGAJAR
1.
H. Ibnu Abas Tohir, S.H
Madiun, 17-06-1969
Aswaja,
2.
Drs. Komaruddin
Madiun, 7-03-1963
Bhs. Arab
3.
Ahmad Zarnuji
Madiun, 14-09-1970
BMK
4.
Eni Purwaningsih, S.Pd
Madiun, 17-08-1982
IPA Terpadu
5.
Fatkul Hadi, S.Pd
Madiun, 02-01-1980
Bhs. Inggris
6.
Drs. Fahrurozi
Ponorogo, 11-01-1962
Aqidah Akhlak
7.
Drs. Nur Cholis Jumhur
Madiun, 27-02-1967
SKI
8.
Ahmad Walid Fauzi
Demak, 26-01-1977
Fiqih
9.
Erni Dwi Indah, A.Md
Gresik, 01-01-1978
IPS Terpadu
10.
Agus Purwanto
Madiun, 16-08-1984
Penjaskes
11.
Ita Purnamasari
Madiun, 12-07-1989
Bhs. Indonesia
12.
Muhammad Asrori, SPd.i
Madiun, 22-04-1977
Qur’an Hadist
13
Tri Anita Riyanti
Madiun, 20-11-1985
Seni Budaya
14
Zuli Fitriani, S.Pd
Madiun, 09 Juli 1986
Matematika
15
Wahyudi, S.S.
Madiun, 05 Januari 1983
TU
16
Ja’far Arifi, S.Pd.
Madiun, 23- 04- 1986
PKN





b.  Keadaan Siswa Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam Tahun Pelajaran 2010 – 2011 adalah sebagai berikut[57] :
Tabel III

Keadaan Siswa Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
Tahun Pelajaran 2010/2011

KELAS
L
P
JUMLAH

VII
17
20
37

VIII
23
18
41

IX
19
16
35

JUMLAH
59
41
113

B.            Penyajian Data
Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian melalui angket yang berisikan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan rumusan masalah :
1.      Bagaimana minat siswa dalam mempelajari kitab kuning di Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Tahun Pelajaran 2010/2011
2.      Usaha apa saja dan bagaimana cara mengatasi hambatan mempelajari kitab kuning di Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Tahun Pelajaran 2010/2011
3.      Sampai sejauh mana hasil yang dicapai dari pelaksanaan pengajaran kitab kuning di Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Tahun Pelajaran 2010/2011

Jawaban responden atas pertanyaan yang diajukan adalah sebagai berikut :
TABEL I
Jawaban responden atas pertanyaan apakah saudara mengetahui kitab kuning?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
1
a. tahu                       
b. tidak tahu  
c. tidak menjawab
d.       
28
13
0
0
74,1
25,9
0
0


41
100

TABEL II
Jawaban responden atas pertanyaan apakah saudara pernah belajar kitab kuning?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
2
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
17
22
15
0
31,5
40,7
27,8
0


41
100

TABEL III
Jawaban responden atas pertanyaan Dimanakah saudara belajar kitab kuning?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
3
a. Warnet                  
b. HP 
c. Lab Komputer Sekolah 
d. tidak menjawab    
32
6
7
9
59,3
11
13
16,7


41
100

TABEL IV
Jawaban responden atas pertanyaan kitab apa yang anda pelajari?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
4
a. pendidikan                        
b. hiburan      
c. berita
d. tidak menjawab    
17
22
5
10
31,5
40,7
9,3
18,5


41
100

TABEL V
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara mengetahui peranan kitab kuning?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
5
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
26
5
18
5
48,1
9,3
33,3
9,3


41
100

TABEL VI
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah Saudara memiliki alamat acount di internet seperti facebook, email, twitter?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
6
a. ya              
b. tidak          
c. tidak menjawab
d.       
15
31
6
2
27,8
57,4
11,1
3,7


41
100







TABEL VII
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara lebih suka mengakses situs – situs pendidikan dari pada situs – situs hiburan?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
7
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
12
27
12
3
22,2
50
22,2
5,6


41
100

TABEL VIII
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara lebih mementingkan mempelajari kitab kuning dari pada pelajaran umum?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
8
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
2
7
43
2
3,7
13
79,6
3,7


41
100







TABEL IX
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara pernah meniru hal – hal positif dari situs - situs di internet?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
9
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
15
14
22
3
27,8
25,9
40,7
5,6


41
100

TABEL X
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara pernah meniru perilaku menyimpang dari situs – situs di internet?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
10
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
3
10
39
2
5,6
18,5
72,2
3,7


41
100







TABEL XI
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara menjadikan kitab kuning sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
11
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
17
19
16
2
31,5
35,2
29,6
3,7


41
100

TABEL XII
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah Guru saudara memberi saran untuk selalu belajar kitab kuning?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
12
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
39
7
6
2
72,2
13
11,1
3,7


41
100







TABEL XIII
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah orang tua saudara pernah memberi perhatian tentang pelajaran kitab kuning?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
13
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
18
9
27
0
33,3
16,7
50
0


41
100

TABEL XIV
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah pengetahuan saudara bertambah setelah belajar kitab kuning?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
14
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
27
16
9
2
50
29,6
16,7
3,7


41
100









TABEL XV
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah dengan bertambahnya pengetahuan, saudara sudah berakhlak yang baik terhadap guru, orang tua dan teman - teman?

No
Alternatif Jawaban
F
P (%)
15
a. ya              
b. kadang - kadang   
c. tidak
d. tidak menjawab    
14
23
16
1
25,9
42,6
29,6
1,9


41
100

,

















PROSENTASE HASIL ANGKET
YANG DIBERIKAN PADA RESPONDEN

No
Item
Tabel
Alternatif
Jawaban
Frekuensi
Prosentase (%)
1
I
a
b
c
d
40
14
0
0
74,1
25,9
0
0
2
II
a
b
c
d
17
22
15
0
31,5
40,7
27,8
0
3
III
a
b
c
d
32
6
7
9
59,3
11
13
16,7
4
IV
a
b
c
d
17
22
5
10
31,5
40,7
9,3
18,5
5
V
a
b
c
d
26
5
18
5
48,1
9,3
33,3
9,3
6
VI
a
b
c
d
15
31
6
2
27,8
57,4
11,1
3,7
7
VII
a
b
c
d
12
27
12
3
22,2
50
22,2
5,6
8
VIII
a
b
c
d
2
7
43
2
3,7
13
79,6
3,7
9
IX
a
b
c
d
15
14
22
3
27,8
25,9
40,7
5,6
10
X
a
b
c
d
3
10
39
2
5,6
18,5
72,2
3,7
11
XI
a
b
c
d
17
19
16
2
31,5
35,2
29,6
3,7
12
XII
a
b
c
d
39
7
6
2
72,2
13
11,1
3,7
13
XIII
a
b
c
d
18
9
27
0
33,3
16,7
50
0
14
XIV
a
b
c
d
27
16
9
2
50
29,6
16,7
3,7
15
XV
a
b
c
d
14
23
16
1
25,9
42,6
29,6
1,9





[54] Hasil observasi tanggal 30 Juni 2011
[55] Hasil observasi tanggal 30 Juni  2011
[56] Hasil observasi tanggal 30 Juni 2011
[57] Hasil observasi tanggal 30 Juni 2011

No comments:

Post a Comment