Friday 18 March 2016

CONTOH SKRIPSI BAB V STAI MADIUN "PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK-ANAK DI DESA BUKUR RT.13 RW. 04 KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015"





 BAB V
BAB V
ANALISA DATA

Penulis akan mengemukakan hasil penelitian tentang Pengaruh Tayangan Televisi terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014 - 2015.
A.       Analisa Data Tentang Pengaruh tayangan televisi Terhadap Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak Di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015.
1.      Hasil angket no 1 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah   Anda suka menonton acara religius di televisi ?
Sebesar iya (39,28%) kadang-kadang (53,57%), Tidak (7,14%).
Dari hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa sebagian besar anak-anak jarang menonton acara religius di televisi.
2.      Hasil angket no 2 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Berapa lama Anda menghabiskan waktu menonton acara religius di televisi ? Sebesar (53,57%) Kurang dari 1 jam, (35,71%) 1 – 2 jam, (10,71%) Lebih dari 4 jam.
Dari hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa anak-anak sebagian besar dari mereka menonton televisi kurang dari 1 jam.
3.      Hasil angket no 3 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda mengetahui pukul berapa acara religius di televisi ?
Sebesar Ya (10,71%), Kadang-kadang (60,71%), Tidak (28,57%).
Dari hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa sebagian besar anak-anak tidak mengetahui pukul berapa acara religius di televisi ditayangkan.
4.      Hasil angket no 4 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda mempunyai tayangan favorit religius di televisi?
Sebesar Ya (78,57%),  Kadang-kadang (14,28%), Tidak (7,14%).
Dari hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa anak-anak mempunyai tayangan favorit religius di televisi.
5.      Hasil angket no 5 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Acara apakah yang paling Anda gemari di dalam program televisi ?
Sebesar Religi (21,42%), Hiburan (67,85%), Berita (10,71%).
Dari hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa kebanyakan dari anak-anak jarang menonton program religius di televisi.
6.      Hasil angket no 6 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda suka mempelajari Pendidikan Agama Islam ?
Sebesar suka (46,42%), kurang suka (50%), tidak suka (3,57%),
dari jawaban hasil angket dapat dianalisa bahwa sebagian besar anak-anak kurang berminat untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam.
7.      Hasil angket no 7 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda suka mempelajari Pendidikan Agama Islam dari pada pelajaran umum ?
Sebesar suka (42,85%), kurang suka (53,57%), tidak suka (3,57%), dari jawaban hasil angket dapat dianalisa bahwa sebagian besar anak-anak kurang berminat mempelajari Pendidikan Agama islam
8.      Hasil angket no 8 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda dapat mengikuti pelajaran dengan baik di sekolah?
                 Sebesar iya (60,71%), Kadang-kadang (25%), Tidak pernah (14,28%).
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa anak-anak bisa dengan baik mengikuti pelajaran di sekolah.
Dari data diatas jumlah prosentase tentang tayangan televisi terhadap anak-anak di desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 dapat dicari dengan :
46,42%+42,85%+60,71%+39,28%+53,57%+10,71%+78,57%+21,42% =44,19%
                                                  8
Hal ini menunjukan bahwa tayangan televisi tentang religi terhadap anak-anak di desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 adalah kurang.
B.     Analisa data tentang sejauhmana pengaruh tayangan televisi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak Di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014 – 2015 ?

9.      Hasil angket no 9 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda mempunyai waktu khusus untuk belajar Pendidikan Agama Islam?
Sebesar iya (64,28%), kadang-kadang (7,14%), tidak (28,57%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa, anak-anak mempunyai waktu khusus untuk mempelajarai Pendidikan Agama Islam.
10.  Hasil angket no 10 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda merasa terganggu dengan kegiatan-kegiatan selain belajar ?
Sebesar iya (14,28%), kadang-kadang (53,57%), tidak (32,14%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa, anak-anak merasa terganggu dengan kegiatan-kegiatan diluar belajar.
11.  Hasil angket no 11 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda menjadikan Pendidikan Agama Islam sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari ?
Sebesar iya (35,71%), kadang-kadang (64,28%), tidak (0%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa sebagian besar anak-anak tidak menjadikan Pendidikan Agama Islam sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari
12.  Hasil angket no 12 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Orang Tua Anda memberi saran untuk selalu belajar Pendidikan Agama Islam ?
Sebesar iya (35,71%), kadang-kadang (57,14%), tidak (7,14%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa Orang Tua anak-anak kadang-kadang memberi saran untuk selalu belajar Pendidikan Agama Islam.
13.  Hasil angket no 13 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah orang tua Anda pernah memberi perhatian tentang Pendidikan Agama Islam ?
Sebesar iya (46,42%), kadang-kadang (28%), tidak (28,57%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa orang tua anak-anak memberikan perhatian tentang Pendidikan Agama Islam.
14.  Hasil angket no 14 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah pengetahuan Anda bertambah setelah belajar Pendidikan Agama Islam ?
Sebesar iya (75%), kadang-kadang (17,85%), tidak (7,14%).
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa pengetahuan anak-anak bertambah setelah belajar Pendidikan Agama Islam.
15.  Hasil angket no 15 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah dengan bertambahnya pengetahun, Ananda sudah berakhlak yang baik terhadap orang tua, teman-teman dan tetangga ?
Sebesar iya (39,28%), kadang-kadang (57,14%), tidak (3,57%).
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa akhlaknya bertambah baik terhadap orang tua, teman-teman dan tetangga.
               Dari data diatas jumlah prosentase tentang hasil yang dicapai dari pelaksanaan belajar pendidikan agama islam pada anak-anak di desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 dapat dicari dengan :
71,42%+85,71%+99,99%+92,85%+74,42%+92,85%+96,42% 88 %
                                           7

Dari hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa hasil yang dicapai dari pelaksanaan belajar pendidikan agama islam pada anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 adalah baik.
C.    Analisis Data Interview
1.      Interview dengan Kepala Desa Bukur Rt 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
a.       Bagaimana pendapat Bapak Kepala Desa tentang pengaruh dari tayangan televisi terhadap anak-anak?
Jawaban : Pengaruh dari tayangan televisi ada dua yaitu pengaruh positif dan negatif.
Pengaruh positifnya adalah : anak-anak bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang ada di alam semesta ini dan berbagai macam aneka ragam masyarakat indonesia dari berbagi suku dan budaya.
Dari sisi negatifnya adalah : anak-anak menirukan gaya hidup yang tidak bermoral dan juga menghabiskan waktu untuk menonton tayangan yang tidak menambah wawasan dan pengetahuan.
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa adanya pengaruh positif dan negatif dari tayangan televisi terhadap prestasi peserta didik.
b.      Menurut bapak hambatan apa yang dihadapi anak-anak dalam meningkatkan prestasi belajar mereka ?
Jawaban : banyak hambatan yang dialami diantaranya dari pergaulan mereka di luar sekolah dan pengaruh dari lingkungan mereka
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa faktor yang menghambat para anak-anak untuk meningkatkan prestasi mereka adalah dari pergaulan mereka di luar sekolah dan pengaruh dari lingkungan mereka.
c.       Usaha apa yang bapak lakukan supaya anak-anak lebih berminat dalam  meningkatkan prestasi belajar mereka?
Jawaban : Usaha yang kami lakuakan adalah memberi dorongan dan motivasi kepada anak-anak untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan, dan menghimbau kepada orang tua hendaknya adanya perhatian dan pengawasan terhadap pendidikan putra-putrinya agar lebih terjamin dan berkwalitas.
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa upaya Kepala Desa dalam meningkatkan prestasi belajar anak-anak yaitu dengan selalu menasehati peserta didik serta membimbing mereka bahkan memberi contoh-contoh yang baik buat anak-anak.
2.      Interviu dengan Ketua Rukun Tetangga (RT)
a.       Masalah apa yang timbul akibat pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban : Mereka meniru gaya berpakaian, berperilaku mengikuti gaya-gaya train artis sekarang.
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa pengaruh dari peserta didik menonton televisi adalah mereka meniru gaya-gaya artis sekarang dari cara berpakaian, berperilaku dan berucapnya.
b.      Hambatan apa yang bapak hadapi dalam permasalahan yang menyangkut anak-anak?
Jawaban : karena keterbatasan tenaga dan kurang terkontrolnya anak-anak menjadikan mereka terkadang suka mencuri waktu senggang dan menikmati tayangan televisi tersebut.
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa mereke terkadang suka mencuri waktu senggang dan menikmati tayangan televisi tersebut
c.       Usaha apa yang bapak lakukan dalam menanggulangi pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban : memberiakan motivasi dan kedisplinan agar anak-anak bisa membagi waktu dengan tepat karena apabila mereka terus dibina dan dikasih motivasi insya Allah mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang sholeh sholehah.
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa mereka harus selalu diberikan motifasi dan dilatih kedisiplinan agar mereka tumbuh menjadi anak yang sholeh sholehah.
3.      Interviu dengan Orang Tua
a.       Menurut bapak bagaimana pengaruh dari tayangan televisi terhadap anak-anak ?
Jawaban : Pengaruh dari tayangan televisi menjadikan mereka lupa dengan kewajibannya sebagai seorang pelajar dan akibatnya mereka malas-malasan untuk belajar.
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa anak-anak tidak disiplin dalam melaksanakan kewajibannya
b.      Usaha apa yang bapak lakukan untuk mencegah dan menanggulangi dari pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban : Melatih kedisiplinan mengatur dan membagi waktu agar mereka terlatih dengan kedisiplinan.
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa mereka harus dilatih untuk membagi waktu sebaik-baiknya agar lebih disiplin.
c.       Kendala apa yang bapak rasakan dalam permasalahan yang menyangkut anak-anak ?
Jawab : Kendalanya adalah dari teman-teman mereka yang selalu mengaajak bermain saat kita tidak ada di rumah. 
Dari pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa anak-anak masih terkontaminasi dengan ajakan teman-temannya untuk bermain.



No comments:

Post a Comment