Friday 18 March 2016

CONTOH SKRIPSI BAB IV STAI MADIUN "PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK-ANAK DI DESA BUKUR RT.13 RW. 04 KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015"




CONTOH SKRIPSI BAB IVSTAI MADIUN

"PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK-ANAK DI DESA BUKUR RT.13 RW. 04 KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015"



 BAB IV
LAPORAN PENELITIAN

A.    Latar Belakang Obyek Penelitian
Anak-anak di Desa Bukur adalah merupakan suatu perkumpulan anak-anak yang cinta akan pendidikan, terutama pendidikan agama islam. Akan tetapi dengan seiringnya perkembangan zaman dan perkembangan tekhnologi menjadikan mereka berperang menghadapi tantangan dunia maya yang notabennya adalah stasiun televisi yang banyak menampilkan tayangan yang sifatnya positif tapi ada juga yang negatif. Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan adalah sebuah Desa yang terletak di Kabupaten Madiun yang berada tidak jauh dari kota. Keadaan anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 tersebut sebagai berikut :
1.    Letak Geografis Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
            Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Merupakan wilayah Kabupaten Madiun bagian selatan. Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 di apit empat desa yaitu :
            Sebelah selatan            : Desa Waduk Kecamatan Takiran
            Sebelah barat               : Desa Tegalarum Kecamatan Bendo
            Sebelah utara               : Desa Metesih Kecamatan Jiwan
            Sebelah timur             : Desa Sambirejo Kecamatan Jiwan
            Desa Bukur meskipun perbatasan dengan Kabupaten Magetan akan tetapi penduduknya juga sangat strategis, padat dan ramah lingkungan.
2.       Sejarah singkat Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan.
Desa Bukur adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur. Desa Bukur terdiri dari empat Dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Tarokan, Dusun Bedilan dan Dusun Kering. Seiring dengan perkembangannya penduduk Desa Bukur diperkecil menjadi dua yaitu Dusun Krajan dan Dusun Tarokan. Letak pemerintahannya di Dusun Krajan dan luas wilayahnya 171.00 Ha.
Hingga sekarang mengalami pergantian Kepala Desa yang memimpin Desa tersebut. Saat ini yang menjabat sebagai Kepala Desa adalah Bapak Surateman dan Kepala Desa yang terdahulu yaitu Bapak Mongin, Bapak Markun, Bapak Danun, Bapak Parmin dan Bapak Saiful.
3.       Visi dan Misi anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
a.      Visi Anak-anak
“Terdidik, Terampil, dan Mandiri Berdasarkan Imtaq Serta Berwawasan Lingkungan.”
b.      Misi Anak-anak
1)      Mewujudkan pendidikan anak-anak dengan pembelajaran aktif, inofatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).
2)      Mewujudkan pembinaan kompetensi anak-anak secara kompetitif.
3)      Meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan.
4)      Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan keagamaan.
5)      Meningkatkan karakter bangsa yang positif.
6)      Meningkatkan keterampilan seni bakat dan minat bagi anak-anak.
4.       Keadaan Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
Anak-anak adalah merupakan salah satu faktor Pendidikan yang sangat penting, karena tanpa adanya Anak-anak, maka pendidikan tidak akan berlangsung. Berdasarkan dokumen yang ada menunjukkan bahwa keadaan Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Pelajaran 2014-2015 berjumlah 28 siswa. Adapun perinciannya sebagai berikut :
Tabel 1
Keadaan Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015.
No
Sekolah

Jumlah
Siswa
Jumlah
Siswi
Jumlah ( populasi)
1.
SD
8
8
16
2.
SMP
1
3
4
3.
SMA
3
5
8
JUMLAH
12
16
28


5.       Keadaan Sarana dan Prasarana
            Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun sudah cukup mempunyai sarana dan prasarana yang komplit dan memadai, dan juga mempunyai sarana dan prasarana di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Jiwan Kabupaten Madiun.
NO
JENIS BARANG
JUMLAH BARANG
KONDISI
1
Kantor Desa
1
Baik
2
Balai Desa
1
Rusak Ringan
3
Rumah Penduduk

Baik
4
Sekolah Dasar (SD)
3
Baik
5
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
1
Baik
6
Taman Kanak-kanak (TK)
2
Baik
7
PAUD
1
Baik
8
Pasar
1
Rusak Ringan
9
Masjid Besar
2
Baik
10
Mushola
22
Baik
11
Servis Motor
1
 Baik
12
Foto Copy
1
 Baik
13
Rental
2
Baik
14
Hipermart
1
 Baik
15
Toko Pertanian
1
Baik
16
Persawahan
1
Baik
17
Lapangan
1
Baik
18
Pemakaman
1
Rusak Ringan
19
Balai Pengobatan / Poliklinik
1
Baik
20
Taman Pendidikan Quran (TPQ)
2
Baik

6.       Struktur Organisasi Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Tahun Pelajaran 2014-2015


Kepala Desa

-

BPD

ANWAR SYAMSI


 





                                                                                                  

Sekretaris Desa
DARUS

Kepala Dusun I
SUGENG WAHIDIN
 






Kaur Pemerintahan
DODIK GUSTIAR
                                                                                                                                         

Kaur Kesejahteraan PANJI NASRUL

Kaur Umum
JOKO WIDODO

Kaur Keuangan
SITI RAHAYU

Kaur Pembangunan
MUH. KAMIM

Kepala Dusun II
SITI WAKIDAH
 



















B.    Penyajian Data Angket
1.      Penyajian Data ini mengacu kepada perumusan masalah tentang Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015.
Berdasarkan observasi dan angket yang penulis lakukan, dapatlah penulis sajikan data mengenai Bagaimana Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 sebagai berikut :
Tabel I
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah Ananda suka menonton acara    religius di televisi ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak



11
15
2
39,28
53,57
7,14
Jumlah
28
28
100

Tabel II
Jawaban responden atas pertanyaan, Berapa lama Ananda menghabiskan waktu menonton acara religius di televisi ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Kurang dari 1 jam
2 . 1-2 jam
3 . Lebih dari 4 jam



15
10
3
53,57
35,71
10,71
Jumlah
28
28
100

Tabel III
Jawaban responden atas pertanyaan menurut Anda, Apakah Ananda mengetahui pukul berapa acara religius di televisi ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak



3
17
8
10,71
60,71
28,57
Jumlah
28
28
100

Tabel IV
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Ananda mempunyai tayangan favorit religius di televisi?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak



22
4
2
78,57
14,28
7,14
Jumlah
28
28
100

Tabel V
Jawaban responden atas pertanyaan, Acara apakah Acara apakah yang paling Ananda gemari di dalam program televisi ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Hiburan
2 . Berita
3 . Religi




6
19
3

21,42
67,85
10,71
Jumlah
28
28
100

Tabel VI
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Ananda suka mempelajari Pendidikan Agama Islam ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Suka
2 . kurang suka
3 . Tidak suka



13
14
1
46,42
50
3,57
Jumlah
28
28
100

Tabel VII
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Ananda suka mempelajari Pendidikan Agama Islam dari pada pelajaran umum ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Suka
2 . Kurang suka
3 . Tidak



12
15
1
42,85
53,57
3,57
Jumlah
28
28
100

Tabel VIII
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda dapat mengikuti pelajaran dengan baik di sekolah?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak



17
7
4
60,71
25
14,28
Jumlah
28
28
100

2.      Sejauhmana pengaruh tayangan televisi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak Di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014 – 2015 ?
Tabel IX
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Ananda mempunyai waktu khusus untuk belajar Pendidikan Agama Islam?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya, selalu
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak Pernah



18
2
8
64,28
7,14
28,57
Jumlah
28
28
100

Tabel X
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Ananda merasa terganggu dengan kegiatan-kegiatan selain belajar ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak



4
15
9
14,28
53,57
32,14
Jumlah
28
28
100

Tabel XI
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Ananda menjadikan Pendidikan Agama Islam sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Iya
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak



10
18
0
35,71
64,28
0
Jumlah
28
28
100

Tabel XII
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Orang Tua Ananda memberi saran untuk selalu belajar Pendidikan Agama Islam ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak



10
16
2
35,71
57,14
7,14
Jumlah
28
28
100

Tabel XIII
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah orang tua Ananda pernah memberi perhatian tentang Pendidikan Agama Islam ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak



13
7
8
46,42
28
28,57
Jumlah
28
28
100

Tabel XIV
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah pengetahuan Ananda bertambah setelah belajar Pendidikan Agama Islam ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak



21
5
2
75
17,85
7,14
Jumlah
28
28
100

Tabel XV
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah dengan bertambahnya pengetahun, Ananda sudah berakhlak yang baik terhadap orang tua, teman-teman dan tetangga ?
Alternatif Jawaban
N
F
Prosentase (%)
1 . Ya, selalu
2 . kadang – kadang
3 . Tidak pernah



11
16
  1
39,28
57,14
3,57
Jumlah
28
28
100

C.   Penyajian Data Interview
1.    Interview dengan Kepala Desa Bukur Rt 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
a.       Bagaimana pendapat Bapak Kepala Desa tentang pengaruh dari tayangan televisi terhadap anak-anak?
Jawaban : Pengaruh dari tayangan televisi ada dua yaitu pengaruh positif dan negatif.
Pengaruh positifnya adalah : anak-anak bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang ada di alam semesta ini dan berbagai macam aneka ragam masyarakat indonesia dari berbagi suku dan budaya.
Dari sisi negatifnya adalah : anak-anak menirukan gaya hidup yang tidak bermoral dan juga menghabiskan waktu untuk menonton tayangan yang tidak menambah wawasan dan pengetahuan.
b.      Menurut bapak hambatan apa yang dihadapi anak-anak dalam meningkatkan prestasi belajar mereka ?
Jawaban : banyak hambatan yang dialami diantaranya dari pergaulan mereka di luar sekolah dan pengaruh dari lingkungan yang ada disekitar rumah mereka, selain itu kurangnya control atau pengawasan dari orang tua.

c.        Usaha apa yang bapak lakukan supaya anak-anak lebih berminat dalam meningkatkan prestasi belajar mereka?
Jawaban : Usaha yang kami lakuakan adalah memberi dorongan dan motivasi kepada anak-anak untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan, dan menghimbau kepada orang tua hendaknya adanya perhatian dan pengawasan terhadap pendidikan putra-putrinya agar lebih terjamin dan berkwalitas.
2.   Interview dengan Ketua Rukun Tetangga (RT)
a.       Masalah apa yang timbul akibat pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban : Mereka meniru gaya berpakaian, berperilaku mengikuti gaya-gaya train artis sekarang.
b.      Hambatan apa yang bapak hadapi dalam permasalahan yang menyangkut anak-anak ?
Jawaban : karena keterbatasan tenaga dan kurang terkontrolnya anak-anak menjadikan mereka terkadang suka mencuri waktu senggang dan menikmati tayangan televisi tersebut.
c.       Usaha apa yang bapak lakukan dalam menanggulangi pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban : memberiakan motivasi dan kedisplinan agar anak-anak bisa membagi waktu dengan tepat karena apabila mereka terus dibina dan dikasih motivasi insya Allah mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang sholeh sholehah.
3.      Interview dengan Orang Tua
a.         Menurut bapak bagaimana pengaruh dari tayangan televisi terhadap anak-anak ?
Jawaban : Pengaruh dari tayangan televisi menjadikan mereka lupa dengan kewajibannya sebagai seorang pelajar dan akibatnya mereka malas-malasan untuk belajar.
b.         Usaha apa yang bapak lakukan untuk mencegah dan menanggulangi dari pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban : Melatih kedisiplinan mengatur dan membagi waktu agar mereka terlatih dengan kedisiplinan.
c.         Kendala apa yang bapak rasakan dalam permasalahan yang menyangkut anak-anak ?
Jawab : Kendalanya adalah dari teman-teman mereka yang selalu mengajak bermain saat kita tidak ada di rumah. 



No comments:

Post a Comment