Saturday 19 March 2016

ABSTRAK "Skripsi PAI STAI Madiun"

Contoh ABSTRAK "Skripsi PAI STAI Madiun"






SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MADIUN
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PROGRAM STRATA SATU (S1)
STATUS : TERAKREDITASI PERINGKAT B





Nama                           : NASAIKHUL MAHFUDZ
NIM/ NIMKO            : 201117011969/2011.4.0170001.5.03948
Tempat/ Tgl. Lahir      : Madiun, 07 April 1989
Judul Skripsi               : Minat Santri Dalam Menghafalkan Al-qur’an Di “Rumah   Tahfidz” Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten      Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015.

ABSTRAK
Al-Qur’an adalah kitab suci yang terakhir diturunkan Allah SWT dengan perantara Malikat Jibril As kepada Nabi Muhammad Saw, Sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk mempelajari Al-qur’an,  seperti halnya di “Rumah Tahfidz” Desa Balerejo selain mempelajari mereka juga menghafalkan Al-qur’an. Hal inilah yang melatar belakangi penulisan sekripsi ini.
Pokok masalah yang dirumuskan : Minat santri dalam menghafalkan Al-qur’an, hal-hal apakah yang menghambat minat santri dalam menghafalkan Al-qur’an, serta sejauh mana hasil yang dicapai dalam menghafalkan Al-qur’an Balerejo Kebonsari Madiun Tahun Pelajaran 2014/ 2015.
Tujuan penelitian meliputi Untuk Mengetahui Bagaimana Minat santri dalam menghafalkan Al-qur’an, mengetahui hambatan-hambatan minat santri dalam menghafalkan Al-qur’an, serta mengetahui sejauh mana hasil yang dicapai dalam menghafalkan Al-qur’an Balerejo Kebonsari Madiun Tahun Pelajaran 2014/ 2015.
Metode pembahasan dilakukan dengan metode Induktif, Deduktif dan Komperatif dengan populasi Pengasuh, Ustadz/dzah dan Santri yang berjumlah 40 responden. Mengingat anggota populasi penelitian ini kurang dari 100 anggota, maka seluruhnya dijadikan sampel penelitian, sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Metode pengumpulan angket meliputi metode angket, observasi dan interview. Sedangkan untuk menganalisa data menggunakan metode statistic diskriptif, dengan rumus  P = F/N x 100% serta reflektif thinking.
Kesimulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah santri sangat antusias dalam menghafalkan Al-qur’an, karena mereka tau kegunaan dan manfaat apabila bisa menghafalkan Al-qur’an untuk dijadikan pedoman dan dalam kehidupan sehari-hari.



Mengetahui                                                                                                    Madiun,    Desember 2015
Ketua 1 Bagian Akademik                                                                             Penulis




Drs. H. ZAINUL ARIFIN, M.SI.                                                             NASAIKHUL MAHFUDZ

 
 


No comments:

Post a Comment