Saturday 19 March 2016

BAB V Sekripsi Berjudul "PENGARUH KEPRIBADIAN GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF KLEGO TAHUN AJARAN 2010-2011" STAIN PONOROGO

BAB V
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Dari uraian deskripsi data serta analisa data dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Kewibawaan guru di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2012-2013 dapat dikatakan cukup baik, berdasarkan hasil analisis data tentang kewibawaan guru dengan perincian dalam kategori baik sebanyak 0 siswa (0%), dalam kategori cukup baik sebanyak 75 siswa (85.23%), dalam kategori kurang sebanyak 13 siswa (14.77%).
2.      Disiplin siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2012-2013 dapat dikatakan cukup baik, berdasarkan hasil analisis data tentang disiplin siswa dengan perincian dalam kategori baik sebanyak 6 siswa (6.82%), dalam kategori cukup sebanyak 70 siswa (79.54%), dalam kategori kurang sebanyak 12 siswa (13.64%).
3.      Hasil perhitungan menggunakan statistika menunjukkan tidak ada korelasi yang signifikan antara kewibawaan guru dengan disiplin siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2012-2013, dengan koefisien sebesar = 0.153 lebih kecil dari pada= 0.278 sehingga    < maka Ha ditolak. Jadi tinggi rendahnya kewibawaa yang dimiliki oleh guru tidak ada hubungannya dengan kedisiplinan siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
B.     SARAN
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada:
1.      Bapak Kepala Sekolah di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal hendaknya mengontrol setiap perilaku guru ketika melaksanakan proses belajar mengajar dan juga keadaan siswa di sekolah supaya tidak ada kasus-kasus yang dapat merugikan pihak madrasah.
2.      Bapak/Ibu guru untuk selalu berperan aktif dalam mengontrol kedisiplinan siswa/siswi yang kurang baik dengan memberikan nasehat, bimbingan, dan pengarahan kepada siswa/siswi untuk selalu berdisiplin dan senantiasa mengingatkan ketika ada siswa/siswi yang melanggar peraturan.
3.      Para siswa/siswi untuk selalu menjaga kedisiplinan di dalam maupun di luar kelas agar



DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Ibnu Nizar, Imam. Membentuk & Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini. Jogjakarta: DIVA Press, 2009.
Ahmadi dan Widodo Supriyono, Abu. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.
Anwar Yusuf, Ali. Islam dan Sains Modern. Bandung: CV Pustaka Setia, 2006.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1993.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Reneka Cipta, 2002.
B. Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Bahri Djamarah, Syaiful. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Basuki, M. Miftahul Ulum. Pengantar Ilmu Pendidikan. Ponorogo: STAIN Po Press, 2007.
C. S. T. Kansil dan Christind S. T. Kansil, Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.
Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Effendi, Mukhlison. Ilmu Pendidikan. Ponorogo: STAIN Po Press, 2008.
Fuady, Atho’. Evaluasi Pendidikan. Ponorogo : STAIN Ponorogo Press, 2010
H. Isjoni. Guru Sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Hidayatullah, M. Furqon. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
Madjid, Nurcholish. Masyarakat Religius. Jakarta: Paramadina, 2000.
Mujib dan Jusuf  Mudzakkir, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2008.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media, 2008.
Munir, Abdullah. Super Teacher (Sosok Guru Yang Dihormati, Disegani, Dan Dicintai. Yogyakarta: PT. Insan Madani, 2010.
Mustaqim, Abdul. Solusi Kreatif Menangani Berbagai Masalah Pada Anak. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2005.
Purwanto, M. Ngalim. Evaluasai Pengajaran. Bandung: PT. Remanja Rosdakarya, 2009
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Quran In Word Ind 1.3 10/10/2006 0:21
Ramayulis, Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam  Mulia, 2010
Ramayulis. Ilmu pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia, 2006.
Sadulloh dkk, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik) (Bandung: CV. Alfabeta, 2010.
Semiawan, Conny. Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. Jakarta: PT. Prenhallindo, 2002.
Shochib, Moh.  Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998.
Sudjiana, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Syah, Muhibin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Tohari, Ahmad. Pemahaan Praktis MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, Bandung: Mandar Maju, 2002
Wahid, Abdurrahman. Pesantren dan Pembaharuan, di edit Dawam Rahardjo. Jakarta: LP3ES, 1975.
Widyaningrum, Retno. Statistik Edisi Revisi. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2009.
Yusuf, L. N dan A. Juntika Nurihsan, Syamsu. Landasan Bimbingan dan Konseling (Bandung: Program Pascasajana Universitas Indonesia dan Rosda Karya, 2010.
http:///choiruka.blogspot.com.01/05/09/guru-yang-berwibawa.html
http:///rivafauziah.wordpress.com/20/07/08/guru-dan-pendidikan.htm,
http:///www.hasbihtc.com.08/05/12/cara-meningkatkan-disiplin-siswa-siswi.html.
http:///www.scribd.comdoc78127671Definisi-Kewibawaan-Seorang-Pendidik








No comments:

Post a Comment