BAB
IV
A.
Latar Belakang Obyek
1.
Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah Tsanawiyyah
Al – Hikam
Madrasah Tsanawiyyah
Al – Hikam dirintis dan didirikan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al HIkam pada tahun
2007. Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam didirikan sebagai kelanjutan
Madrasah Ibtidaiyyah Al Hikam yang telah didirkan sejak 2001 sebagai basis
pendidikan yang berciri khas Islam di daerah Geger. MTs Al Hikam ini berada di
naungan Pondok Pesantren Al Falah yang dirintis oleh KH Ma’sum Djalil (alm) dan
pada saat ini diasuh oleh KH Mahfudz Ma’sum.
Pada awalnya Kepala Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
dijabat oleh Bapak H. Ibnu Abas Tohir, SH. Selama 3 tahun. Kemudian mulai tahun
2010 sampai sekarang Kepala Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam dijabat Oleh Bapak Drs.
Muhtar Hanif selaku Kepala Definitif dari Kantor Departemen Agama Kabupaten
Madiun.
Dalam
perkembangannya Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam pada tahun 2009 telah
mendapatkan ijin operasional untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Tsanawiyyah
dari Kantor Departemen Agama Kabupaten Madiun dengan diterbitkannya Keputusan
Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Madiun Nomor : Kw13.44/4/PP.03.2/2537/2008.
2.
Visi, Misi Dan
Tujuan Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
a.
Visi
Terwujudnya Sumber Daya Insani
yang Berkualitas Unggul Bidang IMTAQ dan IPTEK dengan Berwawasan Lingkungan
Hidup.
b.
Misi
Menyelenggarakan Pendidikan
yang Berkualitas Unggul, Bidang IMTAQ
dan IPTEK Berwawasan
Lingkungan Hidup, Dengan
Upaya Meningkatkan Peran Serta
Masyarakat.
Untuk mewujudkan VISI MTs tersebut, maka ditentukan
langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam berikut ini:
1.
Mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan yang cerdas dan kompetitif
dengan sikap dan amaliah Islam, berkeadilan, relevan dengan kebutuhan
masyarakat lokal dan global.
2.
Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan yang berkualitas
3.
Menumbuhkan
budaya lingkungan MTs yang bersih, aman,
dan sehat.
4.
Meningkatkan
budaya unggul warga MTs baik dalam
prestasi akademik dan nonakademik
5. Menumbuhkan
minat baca dan tulis
6. Meningkatkan
kemampuan berbahasa Inggris dan Arab
7. Menerapkan
manajemen berbasis sekolah dengan melibatkan seluruh steakholder Madrasah.
3.
Kondisi Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
a.
Letak Madrasah Tsanawiyyah Al - Hikam
Madrasah Tsanawiyyah Al
– Hikam terletak di Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. kurang lebih 15
km arah selatan dari Kota Madiun.
Adapun letak geografis Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun
memiliki batas – batas sebagai berikut :
1)
Sebelah Utara :
Berbatasan dengan Desa Purworejo
2)
Sebelah Selatan :
Berbatasan dengan Dusun Tumpang Desa Geger
3)
Sebelah Timur : Berbatasan dengan Desa Sareng
4)
Sebelah Barat : Berbatasan dengan Desa Slambur
b.
Sarana dan Prasarana Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
Sarana dan Prasarana sudah memadai antara lain[54] :
No
|
Nama Jenis Barang
|
Jumlah
|
Keadaan
|
1
|
Ruang Madrasah
|
4
|
Baik
|
2
|
Ruang Komputer
|
1
|
Baik
|
3
|
Ruang Kepala Madrasah
|
1
|
Baik
|
4
|
Ruang Guru
|
1
|
Baik
|
5
|
Ruang TU
|
1
|
Baik
|
6
|
Masjid
|
1
|
Baik
|
7
|
Kamar Mandi / WC Ustadz
|
1
|
Baik
|
8
|
Kamar Mandi / WC Siswa
|
2
|
Baik
|
9
|
Ruang Serba Guna
|
1
|
Baik
|
4. Struktur Organisasi Madrasah Tsanawiyyah Al - Hikam
|
Untuk membantu dan memudahkan
sistem administrasi madrasah maka membuat struktur sebagai berikut[55]
:
|
a.
Keadaan Dewan Guru[56]
Tabel
I
Daftar
Nama Guru/Pengajar
Madrasah
Tsanawiyyah Al – Hikam
NO.
|
NAMA/NIP
|
TEMPAT, TGL.LAHIR
|
TUGAS MENGAJAR
|
1.
|
H. Ibnu Abas Tohir, S.H
|
Madiun, 17-06-1969
|
Aswaja,
|
2.
|
Drs. Komaruddin
|
Madiun, 7-03-1963
|
Bhs. Arab
|
3.
|
Ahmad Zarnuji
|
Madiun, 14-09-1970
|
BMK
|
4.
|
Eni Purwaningsih, S.Pd
|
Madiun, 17-08-1982
|
IPA Terpadu
|
5.
|
Fatkul Hadi, S.Pd
|
Madiun, 02-01-1980
|
Bhs. Inggris
|
6.
|
Drs. Fahrurozi
|
Ponorogo, 11-01-1962
|
Aqidah Akhlak
|
7.
|
Drs. Nur Cholis Jumhur
|
Madiun, 27-02-1967
|
SKI
|
8.
|
Ahmad Walid Fauzi
|
Demak, 26-01-1977
|
Fiqih
|
9.
|
Erni Dwi Indah, A.Md
|
Gresik, 01-01-1978
|
IPS Terpadu
|
10.
|
Agus Purwanto
|
Madiun, 16-08-1984
|
Penjaskes
|
11.
|
Ita Purnamasari
|
Madiun, 12-07-1989
|
Bhs.
|
12.
|
Muhammad Asrori, SPd.i
|
Madiun, 22-04-1977
|
Qur’an Hadist
|
13
|
Tri Anita Riyanti
|
Madiun, 20-11-1985
|
Seni Budaya
|
14
|
Zuli Fitriani, S.Pd
|
Madiun, 09 Juli 1986
|
Matematika
|
15
|
Wahyudi, S.S.
|
Madiun, 05 Januari 1983
|
TU
|
16
|
Ja’far Arifi, S.Pd.
|
Madiun, 23- 04- 1986
|
PKN
|
b. Keadaan Siswa Madrasah Tsanawiyyah
Al – Hikam Tahun Pelajaran 2010 – 2011 adalah sebagai berikut[57] :
Tabel
III
Keadaan
Siswa Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam
Tahun
Pelajaran 2010/2011
KELAS
|
L
|
P
|
JUMLAH
|
||||
VII
|
17
|
20
|
37
|
||||
VIII
|
23
|
18
|
41
|
||||
IX
|
19
|
16
|
35
|
||||
JUMLAH
|
59
|
41
|
113
|
||||
B.
Penyajian Data
Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian
melalui angket yang berisikan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan
rumusan masalah :
1.
Bagaimana minat siswa dalam mempelajari kitab kuning di Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam Desa Geger
Kecamatan Geger Kabupaten Tahun Pelajaran 2010/2011
2.
Usaha apa
saja dan bagaimana cara mengatasi hambatan mempelajari kitab kuning di Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam Desa Geger
Kecamatan Geger Kabupaten Tahun Pelajaran 2010/2011
3.
Sampai
sejauh mana hasil yang dicapai dari pelaksanaan pengajaran kitab kuning di Madrasah Tsanawiyyah Al – Hikam Desa Geger
Kecamatan Geger Kabupaten Tahun Pelajaran 2010/2011
Jawaban responden atas pertanyaan yang diajukan adalah sebagai berikut :
TABEL I
Jawaban
responden atas pertanyaan apakah saudara mengetahui kitab kuning?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
1
|
a. tahu
b. tidak tahu
c. tidak
menjawab
d.
|
28
13
0
0
|
74,1
25,9
0
0
|
|
|
41
|
100
|
TABEL
II
Jawaban
responden atas pertanyaan apakah saudara pernah belajar kitab kuning?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
2
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
17
22
15
0
|
31,5
40,7
27,8
0
|
|
|
41
|
100
|
TABEL
III
Jawaban responden atas pertanyaan
Dimanakah saudara belajar kitab kuning?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
3
|
a. Warnet
b. HP
c. Lab Komputer
Sekolah
d. tidak
menjawab
|
32
6
7
9
|
59,3
11
13
16,7
|
|
|
41
|
100
|
TABEL IV
Jawaban responden atas pertanyaan kitab apa yang anda
pelajari?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
4
|
a. pendidikan
b. hiburan
c. berita
d. tidak
menjawab
|
17
22
5
10
|
31,5
40,7
9,3
18,5
|
|
|
41
|
100
|
TABEL V
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara mengetahui
peranan kitab kuning?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
5
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
26
5
18
5
|
48,1
9,3
33,3
9,3
|
|
|
41
|
100
|
TABEL VI
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah Saudara memiliki alamat acount di internet seperti
facebook, email, twitter?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
6
|
a. ya
b. tidak
c. tidak
menjawab
d.
|
15
31
6
2
|
27,8
57,4
11,1
3,7
|
|
|
41
|
100
|
TABEL VII
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara lebih
suka mengakses situs – situs pendidikan dari pada situs – situs hiburan?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
7
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
12
27
12
3
|
22,2
50
22,2
5,6
|
|
|
41
|
100
|
TABEL VIII
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara lebih
mementingkan mempelajari kitab kuning dari pada pelajaran umum?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
8
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
2
7
43
2
|
3,7
13
79,6
3,7
|
|
|
41
|
100
|
TABEL IX
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara pernah
meniru hal – hal positif dari situs - situs di internet?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
9
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
15
14
22
3
|
27,8
25,9
40,7
5,6
|
|
|
41
|
100
|
TABEL X
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah saudara pernah meniru
perilaku menyimpang dari situs – situs di internet?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
10
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
3
10
39
2
|
5,6
18,5
72,2
3,7
|
|
|
41
|
100
|
TABEL XI
Jawaban
responden atas pertanyaan Apakah saudara menjadikan kitab kuning sebagai pedoman
dalam kehidupan sehari-hari?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
11
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
17
19
16
2
|
31,5
35,2
29,6
3,7
|
|
|
41
|
100
|
TABEL XII
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah Guru saudara memberi
saran untuk selalu belajar kitab kuning?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
12
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
39
7
6
2
|
72,2
13
11,1
3,7
|
|
|
41
|
100
|
TABEL XIII
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah orang tua saudara
pernah memberi perhatian tentang pelajaran kitab kuning?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
13
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
18
9
27
0
|
33,3
16,7
50
0
|
|
|
41
|
100
|
TABEL XIV
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah pengetahuan
saudara bertambah setelah belajar kitab kuning?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
14
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
27
16
9
2
|
50
29,6
16,7
3,7
|
|
|
41
|
100
|
TABEL XV
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah dengan
bertambahnya pengetahuan, saudara sudah berakhlak yang baik terhadap guru,
orang tua dan teman - teman?
No
|
Alternatif Jawaban
|
F
|
P (%)
|
15
|
a. ya
b. kadang -
kadang
c. tidak
d. tidak
menjawab
|
14
23
16
1
|
25,9
42,6
29,6
1,9
|
|
|
41
|
100
|
,
PROSENTASE HASIL ANGKET
YANG DIBERIKAN
PADA RESPONDEN
No
Item
|
Tabel
|
Alternatif
Jawaban
|
Frekuensi
|
Prosentase (%)
|
|||||||||
1
|
I
|
a
|
b
|
c
|
d
|
40
|
14
|
0
|
0
|
74,1
|
25,9
|
0
|
0
|
2
|
II
|
a
|
b
|
c
|
d
|
17
|
22
|
15
|
0
|
31,5
|
40,7
|
27,8
|
0
|
3
|
III
|
a
|
b
|
c
|
d
|
32
|
6
|
7
|
9
|
59,3
|
11
|
13
|
16,7
|
4
|
IV
|
a
|
b
|
c
|
d
|
17
|
22
|
5
|
10
|
31,5
|
40,7
|
9,3
|
18,5
|
5
|
V
|
a
|
b
|
c
|
d
|
26
|
5
|
18
|
5
|
48,1
|
9,3
|
33,3
|
9,3
|
6
|
VI
|
a
|
b
|
c
|
d
|
15
|
31
|
6
|
2
|
27,8
|
57,4
|
11,1
|
3,7
|
7
|
VII
|
a
|
b
|
c
|
d
|
12
|
27
|
12
|
3
|
22,2
|
50
|
22,2
|
5,6
|
8
|
VIII
|
a
|
b
|
c
|
d
|
2
|
7
|
43
|
2
|
3,7
|
13
|
79,6
|
3,7
|
9
|
IX
|
a
|
b
|
c
|
d
|
15
|
14
|
22
|
3
|
27,8
|
25,9
|
40,7
|
5,6
|
10
|
X
|
a
|
b
|
c
|
d
|
3
|
10
|
39
|
2
|
5,6
|
18,5
|
72,2
|
3,7
|
11
|
XI
|
a
|
b
|
c
|
d
|
17
|
19
|
16
|
2
|
31,5
|
35,2
|
29,6
|
3,7
|
12
|
XII
|
a
|
b
|
c
|
d
|
39
|
7
|
6
|
2
|
72,2
|
13
|
11,1
|
3,7
|
13
|
XIII
|
a
|
b
|
c
|
d
|
18
|
9
|
27
|
0
|
33,3
|
16,7
|
50
|
0
|
14
|
XIV
|
a
|
b
|
c
|
d
|
27
|
16
|
9
|
2
|
50
|
29,6
|
16,7
|
3,7
|
15
|
XV
|
a
|
b
|
c
|
d
|
14
|
23
|
16
|
1
|
25,9
|
42,6
|
29,6
|
1,9
|
No comments:
Post a Comment