CONTOH SKRIPSI BAB IVSTAI MADIUN
"PENGARUH
TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK-ANAK DI DESA BUKUR
RT.13 RW. 04 KECAMATAN JIWAN KABUPATEN
MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015"
|
LAPORAN PENELITIAN
A. Latar Belakang Obyek Penelitian
Anak-anak di Desa Bukur adalah merupakan suatu perkumpulan anak-anak yang
cinta akan pendidikan, terutama pendidikan agama islam. Akan tetapi dengan
seiringnya perkembangan zaman dan perkembangan tekhnologi menjadikan mereka
berperang menghadapi tantangan dunia maya yang notabennya adalah stasiun
televisi yang banyak menampilkan tayangan yang sifatnya positif tapi ada juga
yang negatif. Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan adalah sebuah Desa yang
terletak di Kabupaten Madiun yang berada tidak jauh dari kota. Keadaan anak-anak
di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 tersebut sebagai berikut :
1.
Letak
Geografis Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04
Kecamatan Jiwan
Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Merupakan wilayah Kabupaten Madiun bagian selatan. Desa
Bukur Rt. 13 Rw. 04 di apit empat desa yaitu :
Sebelah selatan : Desa Waduk Kecamatan Takiran
Sebelah barat :
Desa Tegalarum Kecamatan Bendo
Sebelah utara :
Desa Metesih Kecamatan Jiwan
Sebelah timur :
Desa Sambirejo Kecamatan Jiwan
Desa Bukur meskipun perbatasan
dengan Kabupaten Magetan akan tetapi penduduknya juga sangat strategis, padat
dan ramah lingkungan.
2.
Sejarah
singkat Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04
Kecamatan Jiwan.
Desa Bukur adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Jiwan Kabupaten
Madiun Provinsi Jawa Timur.
Desa Bukur terdiri dari empat Dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Tarokan, Dusun
Bedilan dan Dusun Kering. Seiring dengan perkembangannya penduduk Desa Bukur
diperkecil menjadi dua yaitu Dusun Krajan dan Dusun Tarokan. Letak
pemerintahannya di Dusun Krajan dan luas wilayahnya 171.00 Ha.
Hingga
sekarang mengalami pergantian Kepala Desa yang memimpin Desa tersebut. Saat ini
yang menjabat sebagai Kepala Desa adalah Bapak Surateman dan Kepala Desa yang
terdahulu yaitu Bapak Mongin, Bapak Markun, Bapak Danun, Bapak Parmin dan Bapak
Saiful.
3. Visi dan Misi anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
a. Visi Anak-anak
“Terdidik, Terampil, dan
Mandiri Berdasarkan Imtaq Serta Berwawasan Lingkungan.”
b. Misi Anak-anak
1) Mewujudkan pendidikan anak-anak dengan
pembelajaran aktif, inofatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).
2) Mewujudkan pembinaan kompetensi anak-anak
secara kompetitif.
3) Meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan.
4) Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan
pengamalan keagamaan.
5) Meningkatkan karakter bangsa yang positif.
6) Meningkatkan keterampilan seni bakat dan
minat bagi anak-anak.
4. Keadaan Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
Anak-anak adalah
merupakan salah satu faktor Pendidikan yang sangat penting, karena tanpa adanya
Anak-anak, maka pendidikan tidak akan berlangsung. Berdasarkan dokumen yang ada
menunjukkan bahwa keadaan Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
Kabupaten Madiun Pelajaran 2014-2015 berjumlah 28 siswa. Adapun perinciannya
sebagai berikut :
Tabel 1
Keadaan Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw.
04 Kecamatan Jiwan
Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015.
No
|
Sekolah
|
Jumlah
Siswa
|
Jumlah
Siswi
|
Jumlah ( populasi)
|
1.
|
SD
|
8
|
8
|
16
|
2.
|
SMP
|
1
|
3
|
4
|
3.
|
SMA
|
3
|
5
|
8
|
JUMLAH
|
12
|
16
|
28
|
5. Keadaan Sarana dan Prasarana
Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan
Jiwan Kabupaten Madiun sudah
cukup mempunyai sarana dan prasarana yang komplit dan memadai, dan juga
mempunyai sarana dan prasarana di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Jiwan Kabupaten
Madiun.
NO
|
JENIS BARANG
|
JUMLAH BARANG
|
KONDISI
|
1
|
Kantor Desa
|
1
|
Baik
|
2
|
Balai Desa
|
1
|
Rusak Ringan
|
3
|
Rumah Penduduk
|
Baik
|
|
4
|
Sekolah Dasar (SD)
|
3
|
Baik
|
5
|
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
|
1
|
Baik
|
6
|
Taman Kanak-kanak (TK)
|
2
|
Baik
|
7
|
PAUD
|
1
|
Baik
|
8
|
Pasar
|
1
|
Rusak Ringan
|
9
|
Masjid Besar
|
2
|
Baik
|
10
|
Mushola
|
22
|
Baik
|
11
|
Servis Motor
|
1
|
Baik
|
12
|
Foto Copy
|
1
|
Baik
|
13
|
Rental
|
2
|
Baik
|
14
|
Hipermart
|
1
|
Baik
|
15
|
Toko Pertanian
|
1
|
Baik
|
16
|
Persawahan
|
1
|
Baik
|
17
|
Lapangan
|
1
|
Baik
|
18
|
Pemakaman
|
1
|
Rusak Ringan
|
19
|
Balai Pengobatan / Poliklinik
|
1
|
Baik
|
20
|
Taman Pendidikan Quran (TPQ)
|
2
|
Baik
|
6.
Struktur
Organisasi Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Tahun
Pelajaran 2014-2015
Kepala Desa
-
|
BPD
ANWAR SYAMSI
|
Sekretaris
Desa
DARUS
|
Kepala Dusun I
SUGENG
WAHIDIN
|
Kaur
Pemerintahan
DODIK
GUSTIAR
|
Kaur
Kesejahteraan PANJI NASRUL
|
Kaur
Umum
JOKO
WIDODO
|
Kaur
Keuangan
SITI
RAHAYU
|
Kaur
Pembangunan
MUH.
KAMIM
|
Kepala
Dusun II
SITI
WAKIDAH
|
B. Penyajian Data Angket
1. Penyajian Data ini mengacu kepada
perumusan masalah tentang Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan
Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015.
Berdasarkan
observasi dan angket yang penulis lakukan, dapatlah penulis sajikan data
mengenai Bagaimana Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan
Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 sebagai berikut :
Tabel I
Jawaban responden atas pertanyaan Apakah Ananda suka menonton acara religius di televisi ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak
|
11
15
2
|
39,28
53,57
7,14
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel II
Jawaban responden atas pertanyaan, Berapa lama Ananda menghabiskan waktu
menonton acara religius di televisi ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Kurang dari 1 jam
2 . 1-2 jam
3 . Lebih dari 4 jam
|
15
10
3
|
53,57
35,71
10,71
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel III
Jawaban
responden atas pertanyaan menurut Anda, Apakah Ananda mengetahui pukul berapa acara
religius di televisi ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak
|
3
17
8
|
10,71
60,71
28,57
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel IV
Jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah Ananda mempunyai tayangan favorit
religius di televisi?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak
|
22
4
2
|
78,57
14,28
7,14
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel V
Jawaban responden
atas pertanyaan, Acara apakah
Acara apakah yang paling Ananda gemari di dalam program televisi ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Hiburan
2 . Berita
3 . Religi
|
6
19
3
|
21,42
67,85
10,71
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel VI
Jawaban responden
atas pertanyaan, Apakah
Ananda suka mempelajari Pendidikan Agama Islam ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Suka
2 . kurang suka
3 . Tidak suka
|
13
14
1
|
46,42
50
3,57
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel VII
Jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah
Ananda suka mempelajari Pendidikan Agama Islam dari pada pelajaran umum ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Suka
2 . Kurang suka
3 . Tidak
|
12
15
1
|
42,85
53,57
3,57
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel VIII
Jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah Anda dapat mengikuti
pelajaran dengan baik di sekolah?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak
|
17
7
4
|
60,71
25
14,28
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
2. Sejauhmana
pengaruh tayangan
televisi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak Di Desa
Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014 –
2015 ?
Tabel IX
Jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Ananda mempunyai waktu khusus untuk belajar Pendidikan Agama Islam?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya, selalu
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak Pernah
|
18
2
8
|
64,28
7,14
28,57
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel X
Jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah Ananda merasa terganggu dengan kegiatan-kegiatan selain belajar ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak
|
4
15
9
|
14,28
53,57
32,14
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel XI
Jawaban responden atas
pertanyaan, Apakah
Ananda menjadikan Pendidikan Agama Islam sebagai pedoman dalam
kehidupan sehari-hari ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Iya
2 . Kadang-kadang
3 . Tidak
|
10
18
0
|
35,71
64,28
0
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel XII
Jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah Orang Tua
Ananda memberi saran untuk selalu belajar Pendidikan Agama Islam ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak
|
10
16
2
|
35,71
57,14
7,14
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel XIII
Jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah orang tua Ananda pernah memberi perhatian tentang Pendidikan Agama Islam ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak
|
13
7
8
|
46,42
28
28,57
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel XIV
Jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah pengetahuan Ananda bertambah setelah belajar Pendidikan Agama Islam ?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya
2 . Kadang – kadang
3 . Tidak
|
21
5
2
|
75
17,85
7,14
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
Tabel XV
Jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah dengan bertambahnya pengetahun, Ananda sudah berakhlak
yang baik terhadap orang tua, teman-teman dan tetangga
?
Alternatif Jawaban
|
N
|
F
|
Prosentase (%)
|
1 . Ya, selalu
2 . kadang – kadang
3 . Tidak pernah
|
11
16
1
|
39,28
57,14
3,57
|
|
Jumlah
|
28
|
28
|
100
|
C. Penyajian
Data Interview
1. Interview dengan Kepala Desa Bukur Rt 13
Rw. 04 Kecamatan Jiwan
a.
Bagaimana
pendapat Bapak Kepala Desa tentang pengaruh dari tayangan televisi terhadap anak-anak?
Jawaban : Pengaruh dari
tayangan televisi ada dua yaitu pengaruh positif dan negatif.
Pengaruh positifnya adalah
: anak-anak bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang ada di alam semesta ini dan
berbagai macam aneka ragam masyarakat indonesia dari berbagi suku dan budaya.
Dari sisi negatifnya adalah : anak-anak menirukan
gaya hidup yang tidak bermoral dan juga menghabiskan waktu untuk menonton
tayangan yang tidak menambah wawasan dan pengetahuan.
b. Menurut
bapak hambatan apa yang dihadapi anak-anak dalam meningkatkan prestasi belajar
mereka ?
Jawaban : banyak hambatan
yang dialami diantaranya
dari pergaulan mereka di luar sekolah dan pengaruh dari lingkungan yang ada disekitar rumah mereka, selain itu
kurangnya control atau pengawasan dari orang tua.
c.
Usaha apa yang bapak lakukan
supaya anak-anak lebih berminat dalam meningkatkan prestasi belajar mereka?
Jawaban : Usaha yang kami
lakuakan adalah memberi dorongan dan motivasi kepada anak-anak untuk belajar
dan meningkatkan pengetahuan, dan menghimbau kepada orang tua hendaknya adanya
perhatian dan pengawasan terhadap pendidikan putra-putrinya agar lebih terjamin
dan berkwalitas.
2.
Interview
dengan Ketua Rukun Tetangga (RT)
a.
Masalah
apa yang timbul akibat pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban : Mereka meniru
gaya berpakaian, berperilaku mengikuti gaya-gaya train artis sekarang.
b.
Hambatan
apa yang bapak hadapi dalam permasalahan yang menyangkut anak-anak ?
Jawaban
: karena keterbatasan tenaga dan kurang terkontrolnya anak-anak menjadikan
mereka terkadang suka mencuri waktu senggang dan menikmati tayangan televisi
tersebut.
c.
Usaha
apa yang bapak lakukan dalam menanggulangi pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban
: memberiakan motivasi dan kedisplinan agar anak-anak bisa membagi waktu dengan
tepat karena apabila mereka terus dibina dan dikasih motivasi insya Allah
mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang sholeh sholehah.
3. Interview dengan Orang Tua
a.
Menurut
bapak bagaimana pengaruh dari tayangan televisi terhadap anak-anak ?
Jawaban
: Pengaruh dari tayangan televisi menjadikan mereka lupa dengan kewajibannya
sebagai seorang pelajar dan akibatnya mereka malas-malasan untuk belajar.
b.
Usaha
apa yang bapak lakukan untuk mencegah dan menanggulangi dari pengaruh tayangan
televisi ?
Jawaban
: Melatih kedisiplinan mengatur dan membagi waktu agar mereka terlatih dengan
kedisiplinan.
c.
Kendala
apa yang bapak rasakan dalam permasalahan yang menyangkut anak-anak ?
Jawab
: Kendalanya adalah dari teman-teman mereka yang selalu mengajak bermain saat
kita tidak ada di rumah.
No comments:
Post a Comment