BAB V
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari uraian deskripsi data serta analisa data dalam penelitian ini dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.
Kewibawaan
guru di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo
Tahun Pelajaran 2012-2013 dapat
dikatakan cukup baik, berdasarkan hasil analisis data tentang kewibawaan guru
dengan perincian dalam kategori
baik sebanyak 0 siswa (0%), dalam kategori cukup baik sebanyak 75 siswa (85.23%),
dalam kategori kurang sebanyak 13 siswa (14.77%).
2.
Disiplin
siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo
Tahun Pelajaran 2012-2013 dapat
dikatakan cukup baik, berdasarkan hasil analisis data tentang disiplin siswa dengan perincian dalam kategori baik
sebanyak 6 siswa (6.82%), dalam kategori cukup sebanyak 70 siswa (79.54%),
dalam kategori kurang sebanyak 12 siswa (13.64%).
3. Hasil perhitungan menggunakan
statistika menunjukkan tidak ada korelasi yang signifikan antara kewibawaan
guru dengan disiplin siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2012-2013, dengan koefisien sebesar = 0.153 lebih kecil dari pada= 0.278 sehingga < maka Ha ditolak. Jadi tinggi rendahnya kewibawaa yang dimiliki oleh guru tidak ada hubungannya dengan kedisiplinan siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
B.
SARAN
Dari hasil penelitian
ini disarankan kepada:
1.
Bapak
Kepala Sekolah di MA Ma’arif Al-Ishlah
Bungkal hendaknya mengontrol setiap perilaku guru ketika melaksanakan proses belajar mengajar dan juga
keadaan siswa di sekolah supaya tidak ada kasus-kasus yang dapat merugikan
pihak madrasah.
2.
Bapak/Ibu
guru untuk selalu berperan aktif dalam mengontrol kedisiplinan siswa/siswi yang
kurang baik dengan memberikan nasehat, bimbingan, dan pengarahan kepada
siswa/siswi untuk selalu berdisiplin dan senantiasa mengingatkan ketika ada
siswa/siswi yang melanggar peraturan.
3.
Para
siswa/siswi untuk selalu menjaga
kedisiplinan di dalam maupun di luar kelas agar
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmad Ibnu Nizar, Imam. Membentuk &
Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini. Jogjakarta: DIVA Press, 2009.
Ahmadi dan Widodo Supriyono, Abu. Psikologi Belajar. Jakarta: PT
Rineka Cipta, 2008.
Anwar Yusuf, Ali. Islam dan Sains Modern. Bandung: CV Pustaka Setia,
2006.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran
Secara Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1993.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Reneka
Cipta, 2002.
B. Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di
Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Bahri
Djamarah, Syaiful. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka
Cipta, 2002.
Basuki, M. Miftahul Ulum. Pengantar Ilmu Pendidikan. Ponorogo: STAIN
Po Press, 2007.
C. S. T. Kansil dan Christind S. T. Kansil, Pengantar
Ilmu Hukum. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.
Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada, 2005.
Effendi, Mukhlison. Ilmu Pendidikan. Ponorogo: STAIN Po Press, 2008.
Fuady, Atho’. Evaluasi Pendidikan. Ponorogo :
STAIN Ponorogo Press, 2010
H. Isjoni. Guru Sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2009
Hidayatullah, M. Furqon. Pendidikan
Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
Madjid, Nurcholish. Masyarakat Religius.
Jakarta: Paramadina, 2000.
Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:
Kencana, 2008.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:
Prenada Media, 2008.
Munir, Abdullah. Super Teacher (Sosok Guru
Yang Dihormati, Disegani, Dan Dicintai. Yogyakarta: PT. Insan Madani, 2010.
Mustaqim, Abdul. Solusi Kreatif Menangani
Berbagai Masalah Pada Anak. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2005.
Purwanto, M. Ngalim. Evaluasai Pengajaran.
Bandung: PT. Remanja Rosdakarya, 2009
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Qur’an In Word Ind 1.3 10/10/2006 0:21
Ramayulis, Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam.
Jakarta: Kalam Mulia, 2010
Ramayulis. Ilmu pendidikan Islam.
Jakarta : Kalam Mulia, 2006.
Sadulloh dkk, Uyoh. Pedagogik (Ilmu
Mendidik) (Bandung: CV. Alfabeta, 2010.
Semiawan, Conny. Pendidikan Keluarga Dalam
Era Global. Jakarta: PT. Prenhallindo, 2002.
Shochib, Moh. Pola Asuh Orang Tua.
Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998.
Sudjiana, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Syah, Muhibin. Psikologi
Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Tohari, Ahmad. Pemahaan Praktis MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA,
Bandung: Mandar Maju, 2002
Wahid, Abdurrahman. Pesantren
dan Pembaharuan, di edit Dawam
Rahardjo. Jakarta: LP3ES, 1975.
Widyaningrum, Retno. Statistik Edisi Revisi. Ponorogo: STAIN
Ponorogo Press, 2009.
Yusuf, L. N dan A. Juntika Nurihsan, Syamsu. Landasan Bimbingan dan Konseling (Bandung:
Program Pascasajana Universitas Indonesia dan Rosda Karya, 2010.
http:///choiruka.blogspot.com.01/05/09/guru-yang-berwibawa.html
http:///rivafauziah.wordpress.com/20/07/08/guru-dan-pendidikan.htm,
http:///www.hasbihtc.com.08/05/12/cara-meningkatkan-disiplin-siswa-siswi.html.
No comments:
Post a Comment