|
ANALISA DATA
Penulis
akan mengemukakan hasil penelitian tentang Pengaruh Tayangan Televisi terhadap
Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw.
04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014 - 2015.
A.
Analisa
Data Tentang Pengaruh tayangan televisi
Terhadap Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak Di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04
Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015.
1. Hasil
angket no 1 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda suka menonton acara
religius di televisi ?
Sebesar
iya (39,28%) kadang-kadang (53,57%), Tidak (7,14%).
Dari
hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa sebagian besar anak-anak jarang menonton
acara religius di televisi.
2.
Hasil angket no 2 tentang jawaban responden
atas pertanyaan, Berapa lama Anda
menghabiskan waktu menonton acara religius di televisi ? Sebesar (53,57%)
Kurang dari 1 jam, (35,71%) 1 – 2 jam, (10,71%) Lebih dari 4 jam.
Dari
hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa anak-anak
sebagian
besar dari mereka menonton televisi kurang dari 1 jam.
3.
Hasil angket no 3 tentang jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah Anda mengetahui
pukul berapa acara religius di televisi ?
Sebesar Ya (10,71%), Kadang-kadang (60,71%),
Tidak (28,57%).
Dari
hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa sebagian besar anak-anak tidak mengetahui pukul berapa acara religius di televisi ditayangkan.
4. Hasil
angket no 4 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda mempunyai tayangan favorit religius
di televisi?
Sebesar
Ya (78,57%), Kadang-kadang (14,28%), Tidak (7,14%).
Dari
hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa anak-anak mempunyai tayangan favorit
religius di televisi.
5. Hasil
angket no 5 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Acara apakah yang paling
Anda gemari di dalam program televisi ?
Sebesar
Religi (21,42%), Hiburan (67,85%), Berita (10,71%).
Dari
hasil tersebut dapat penulis analisa bahwa kebanyakan dari anak-anak jarang menonton program religius di televisi.
6.
Hasil
angket no 6 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda suka mempelajari
Pendidikan Agama Islam ?
Sebesar
suka (46,42%), kurang suka (50%), tidak suka (3,57%),
dari
jawaban hasil angket dapat dianalisa bahwa sebagian besar anak-anak kurang berminat untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam.
7.
Hasil
angket no 7 tentang jawaban responden atas pertanyaan, Apakah Anda suka mempelajari
Pendidikan Agama Islam dari pada pelajaran umum ?
Sebesar
suka
(42,85%), kurang
suka (53,57%), tidak suka (3,57%), dari jawaban hasil angket dapat dianalisa bahwa
sebagian besar anak-anak kurang berminat mempelajari Pendidikan Agama islam
8.
Hasil angket no 8 tentang jawaban
responden atas pertanyaan, Apakah Anda dapat mengikuti pelajaran dengan baik di
sekolah?
Sebesar
iya (60,71%), Kadang-kadang (25%), Tidak pernah (14,28%).
Dari
jawaban tersebut dapat penulis
analisa bahwa anak-anak bisa
dengan baik mengikuti pelajaran di sekolah.
Dari data diatas jumlah prosentase tentang tayangan televisi terhadap anak-anak
di desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran
2014-2015 dapat dicari dengan :
46,42%+42,85%+60,71%+39,28%+53,57%+10,71%+78,57%+21,42% =44,19%
8
Hal
ini menunjukan bahwa tayangan televisi tentang religi terhadap anak-anak di desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan
Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 adalah kurang.
B. Analisa
data tentang sejauhmana pengaruh tayangan televisi terhadap prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam Pada Anak-anak Di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014 – 2015 ?
9. Hasil angket no 9 tentang jawaban responden atas
pertanyaan, Apakah Anda
mempunyai
waktu khusus untuk belajar
Pendidikan Agama Islam?
Sebesar iya (64,28%), kadang-kadang (7,14%), tidak (28,57%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa,
anak-anak mempunyai
waktu khusus untuk mempelajarai Pendidikan
Agama Islam.
10. Hasil angket no 10 tentang jawaban responden atas
pertanyaan, Apakah Anda
merasa
terganggu dengan kegiatan-kegiatan selain belajar ?
Sebesar
iya (14,28%), kadang-kadang (53,57%),
tidak (32,14%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa,
anak-anak merasa terganggu dengan kegiatan-kegiatan diluar belajar.
11. Hasil angket no 11 tentang jawaban responden atas
pertanyaan, Apakah Anda
menjadikan Pendidikan Agama
Islam
sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari ?
Sebesar
iya (35,71%), kadang-kadang (64,28%),
tidak (0%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa
sebagian besar anak-anak tidak
menjadikan
Pendidikan Agama Islam sebagai pedoman dalam
kehidupan sehari-hari
12. Hasil angket no 12 tentang jawaban responden atas
pertanyaan, Apakah Orang
Tua Anda
memberi saran untuk selalu belajar Pendidikan
Agama Islam ?
Sebesar iya (35,71%), kadang-kadang
(57,14%), tidak (7,14%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa
Orang Tua anak-anak kadang-kadang memberi saran untuk
selalu belajar Pendidikan Agama
Islam.
13. Hasil angket no 13 tentang jawaban responden atas
pertanyaan, Apakah orang tua Anda pernah memberi perhatian tentang Pendidikan Agama Islam ?
Sebesar iya (46,42%), kadang-kadang
(28%), tidak (28,57%)
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa
orang
tua anak-anak memberikan perhatian tentang Pendidikan Agama Islam.
14. Hasil angket no 14 tentang jawaban responden atas
pertanyaan, Apakah pengetahuan Anda bertambah setelah belajar Pendidikan Agama Islam ?
Sebesar
iya (75%), kadang-kadang (17,85%), tidak (7,14%).
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa
pengetahuan anak-anak bertambah setelah belajar Pendidikan Agama Islam.
15. Hasil angket no 15 tentang jawaban responden atas
pertanyaan, Apakah dengan bertambahnya pengetahun, Ananda sudah berakhlak yang baik terhadap orang tua, teman-teman dan tetangga ?
Sebesar iya (39,28%), kadang-kadang (57,14%), tidak (3,57%).
Dari jawaban tersebut dapat penulis analisa bahwa
akhlaknya bertambah baik terhadap orang
tua, teman-teman dan tetangga.
Dari data diatas jumlah prosentase tentang hasil yang dicapai dari
pelaksanaan belajar pendidikan agama islam pada anak-anak di desa Bukur Rt. 13 Rw. 04
Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 dapat dicari dengan :
71,42%+85,71%+99,99%+92,85%+74,42%+92,85%+96,42% = 88 %
7
Dari hasil tersebut dapat penulis
analisa bahwa hasil yang dicapai
dari pelaksanaan belajar pendidikan
agama islam pada anak-anak di Desa Bukur Rt. 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014-2015 adalah baik.
C. Analisis
Data Interview
1. Interview
dengan Kepala Desa Bukur Rt 13 Rw. 04 Kecamatan Jiwan
a.
Bagaimana
pendapat Bapak Kepala Desa tentang pengaruh dari tayangan televisi terhadap
anak-anak?
Jawaban
: Pengaruh dari tayangan televisi ada dua yaitu pengaruh positif dan negatif.
Pengaruh
positifnya adalah : anak-anak bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang ada di alam
semesta ini dan berbagai macam aneka ragam masyarakat indonesia dari berbagi
suku dan budaya.
Dari
sisi negatifnya adalah : anak-anak menirukan gaya hidup yang tidak bermoral dan
juga menghabiskan waktu untuk menonton tayangan yang tidak menambah wawasan dan
pengetahuan.
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa adanya pengaruh positif dan
negatif dari tayangan televisi terhadap prestasi peserta didik.
b.
Menurut
bapak hambatan apa yang dihadapi anak-anak dalam meningkatkan prestasi belajar
mereka ?
Jawaban
: banyak hambatan yang dialami diantaranya
dari pergaulan mereka di luar sekolah dan pengaruh dari lingkungan mereka
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa faktor yang menghambat para
anak-anak untuk meningkatkan prestasi mereka adalah dari pergaulan mereka di
luar sekolah dan pengaruh dari lingkungan mereka.
c.
Usaha
apa yang bapak lakukan supaya anak-anak lebih berminat dalam meningkatkan prestasi belajar mereka?
Jawaban
: Usaha yang kami lakuakan adalah memberi dorongan dan motivasi kepada
anak-anak untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan, dan menghimbau kepada
orang tua hendaknya adanya perhatian dan pengawasan terhadap pendidikan
putra-putrinya agar lebih terjamin dan berkwalitas.
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa upaya Kepala Desa dalam
meningkatkan prestasi belajar anak-anak yaitu dengan selalu menasehati peserta
didik serta membimbing mereka bahkan memberi contoh-contoh yang baik buat
anak-anak.
2. Interviu
dengan Ketua Rukun Tetangga (RT)
a.
Masalah
apa yang timbul akibat pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban
: Mereka meniru gaya berpakaian, berperilaku mengikuti gaya-gaya train artis
sekarang.
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa pengaruh dari peserta didik
menonton televisi adalah mereka meniru gaya-gaya artis sekarang dari cara
berpakaian, berperilaku dan berucapnya.
b.
Hambatan
apa yang bapak hadapi dalam permasalahan yang menyangkut anak-anak?
Jawaban
: karena keterbatasan tenaga dan kurang terkontrolnya anak-anak menjadikan
mereka terkadang suka mencuri waktu senggang dan menikmati tayangan televisi
tersebut.
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa mereke terkadang suka
mencuri waktu senggang dan menikmati tayangan televisi tersebut
c.
Usaha
apa yang bapak lakukan dalam menanggulangi pengaruh tayangan televisi ?
Jawaban
: memberiakan motivasi dan kedisplinan agar anak-anak bisa membagi waktu dengan
tepat karena apabila mereka terus dibina dan dikasih motivasi insya Allah
mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang sholeh sholehah.
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa mereka harus selalu
diberikan motifasi dan dilatih kedisiplinan agar mereka tumbuh menjadi anak
yang sholeh sholehah.
3.
Interviu
dengan Orang Tua
a.
Menurut
bapak bagaimana pengaruh dari tayangan televisi terhadap anak-anak ?
Jawaban
: Pengaruh dari tayangan televisi menjadikan mereka lupa dengan kewajibannya
sebagai seorang pelajar dan akibatnya mereka malas-malasan untuk belajar.
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa anak-anak tidak disiplin
dalam melaksanakan kewajibannya
b.
Usaha
apa yang bapak lakukan untuk mencegah dan menanggulangi dari pengaruh tayangan
televisi ?
Jawaban
: Melatih kedisiplinan mengatur dan membagi waktu agar mereka terlatih dengan
kedisiplinan.
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa mereka harus dilatih untuk
membagi waktu sebaik-baiknya agar lebih disiplin.
c.
Kendala
apa yang bapak rasakan dalam permasalahan yang menyangkut anak-anak ?
Jawab
: Kendalanya adalah dari teman-teman mereka yang selalu mengaajak bermain saat
kita tidak ada di rumah.
Dari
pertanyaan dan jawaban diatas dapat dianalisa bahwa anak-anak masih
terkontaminasi dengan ajakan teman-temannya untuk bermain.
No comments:
Post a Comment